Senin, 28 Januari 2013

FUNGSI HUMAS





DEFINISI PR
Rex F. Harlow
  1. PR sebagai metode komunikasi (method of communication) à PR merupakan rangkaian atau sistem kegiatan (order or system of action) melalui kegiatann komunikasi yang khas. Implikasinya setiap anggota institusi dituntut untuk dapat menjalankan fungsi-fungsi kehumasan
2.      PR sebagai perwujudan (state of being) àperwujudan kegiatan komunikasi yang “dilembagakan” ke dalam bentuk biro, bagian, divisi, atau seksi. Terdapat orang yang memimpin atau pejabat Humas / PRO
FUNGSI HUMAS
EDWARD L. BERNAY
  1. Memberikan penerangan pada masyarakat
  2. Melakukan persuasi untuk mengubah sikap dan perbuatan masyarakat secara langsung
  3. Berupaya untuk mengintegrasikan sikap dan perbuatan suatu badan / lembaga sesuai dengan sikap dan perbuatan masyarakat atau sebaliknya
FUNGSI HUMAS
Cutlip, Centre & Canfield
  1. Menunjang aktvitas utama manajemen dalam mencapai tujuan bersama
  2. Membina hubungan yang harmonis antara badan / organisasi dengan publiknya
  3. Mengidentifikasi segala sesuatu yang berkaitan dengan opini, persepsi dan tanggapan masyarakat terhadap badan institusi yang diwakili
  4. Melayani kepentingan publiknya dan memberikan saran kepada pimpinan untuk tujuan dan manfaat bersama
  5. Menciptakan komunikasi dua arah timbal balik, dan mengatur arus informasi, publikasi serta pesan dari institusi
Renald Kashali
“Fungsi manajemen Humas yang bertujuan untuk mengembangkan persepsi terbaik bagi suatu lembaga, organisasi, perusahaan atau produknya terhadap segmen masyarakat yang kegiatanya langsung ataupun tidak langsung mempunyai dapak bagi masa depan organisasi, lembaga, perusahaan dan produknya.”
Ciri khas kegiatan humas
1.       Terdapat kegiatan tertentu (action)
2.      Kegiatannya jelas (activities)
3.      Adanya perbedaan lain yang khas dengan kegiatan lain (different)
4.     Terdapat suatu kepentingan tertentu
5.      Ada kepentingan bersama
6.     Terdapat komunikasi dua arah timbal balik (reciprocal two ways traffic communication)
PERANAN, RUANG LINGKUP TUGAS DAN SASARAN KEGIATAN HUMAS
Dozier & Broom
  1. Penasehat ahli à bersifat konsultatif, praktisi humas bertindak ibarat dokter yang melayani pasien
  2. Fasilitator komunikasi à bertindak sebagai mediator antara institusi dengan publik
  3. Fasilitator pemecahan masalah à PR menjadi bagian dari tim manajemen, menjadi penasihat dalam mengatasi krisis
  4. Teknisi komunikasi à hanya menyediakan layanan teknis komunikasi
Konsep Kemampuan PR
  1. Managerial Skill à kemampuan konseptual paling dominan; berperan sebagai expert prescriber
  2. Human Relations Skill à Kemampuan Konseptual dan teknis hampir seimbang; berperan sebagai problem solves facilitator atau communication facilitator
  3. Technical Skill à Kemampuan teknis dominan; berperan sebagai communication technician
Kegiatan & Sasaran HUMAS
Fayol
  1. Membangun Identitas dan Citra Istitusi
  2. Menghadapi Krisis
  3. Mempromosikan aspek kemasyarakatan
Beberapa pendekatan dalam kegiatan HUMAS
  • §Manipulatif à PR berupaya untuk mengubah / mempengaruhi opini publik untuk tujuan institusi
  • §Kuratif à pemulihan atau perbaikan terhadap citra negatif sehingga menjadi citra positif
  • §Preventif à mencegah citra negatif yang dapat merugikan institusi
  • §Promosional à mendorong atau memotivasi usaha komersial untuk kepentingan profit
  • §Pendidikan à memberikan informasi atau menyebarluaskan program pendidikan dan iptek kepada publik
  • §Misi à menanamkan kesadaran publik atas misi institusi


Kegiatan Humas
  1. Penelitian
  2. Perencanaan
  3. Pengorganisasian
  4. Administrasi
  5. Produksi
  6. Partisipasi Komunitas
  7. Nasihat





Tidak ada komentar:

Posting Komentar