DEFINISI PR
Rex F. Harlow
- PR
sebagai metode komunikasi (method of communication) à PR merupakan rangkaian atau sistem kegiatan
(order or system of action) melalui kegiatann komunikasi yang khas.
Implikasinya setiap anggota institusi dituntut untuk dapat menjalankan
fungsi-fungsi kehumasan
2.
PR sebagai perwujudan (state of being) àperwujudan
kegiatan komunikasi yang “dilembagakan” ke dalam bentuk biro, bagian, divisi,
atau seksi. Terdapat orang yang memimpin atau pejabat Humas / PRO
FUNGSI HUMAS
EDWARD L. BERNAY
- Memberikan
penerangan pada masyarakat
- Melakukan
persuasi untuk mengubah sikap dan perbuatan masyarakat secara langsung
- Berupaya
untuk mengintegrasikan sikap dan perbuatan suatu badan / lembaga sesuai
dengan sikap dan perbuatan masyarakat atau sebaliknya
FUNGSI HUMAS
Cutlip, Centre & Canfield
- Menunjang
aktvitas utama manajemen dalam mencapai tujuan bersama
- Membina
hubungan yang harmonis antara badan / organisasi dengan publiknya
- Mengidentifikasi
segala sesuatu yang berkaitan dengan opini, persepsi dan tanggapan
masyarakat terhadap badan institusi yang diwakili
- Melayani
kepentingan publiknya dan memberikan saran kepada pimpinan untuk tujuan
dan manfaat bersama
- Menciptakan
komunikasi dua arah timbal balik, dan mengatur arus informasi, publikasi
serta pesan dari institusi
Renald Kashali
“Fungsi manajemen Humas yang bertujuan
untuk mengembangkan persepsi terbaik bagi suatu lembaga, organisasi, perusahaan
atau produknya terhadap segmen masyarakat yang kegiatanya langsung ataupun
tidak langsung mempunyai dapak bagi masa depan organisasi, lembaga, perusahaan
dan produknya.”
Ciri khas kegiatan humas
1.
Terdapat kegiatan tertentu (action)
2.
Kegiatannya jelas (activities)
3.
Adanya perbedaan lain yang khas dengan
kegiatan lain (different)
4.
Terdapat suatu kepentingan tertentu
5.
Ada kepentingan bersama
6.
Terdapat komunikasi dua arah timbal balik
(reciprocal two ways traffic communication)
PERANAN, RUANG LINGKUP TUGAS DAN SASARAN KEGIATAN HUMAS
Dozier & Broom
- Penasehat
ahli à bersifat konsultatif, praktisi humas
bertindak ibarat dokter yang melayani pasien
- Fasilitator
komunikasi à bertindak sebagai mediator antara institusi
dengan publik
- Fasilitator
pemecahan masalah à PR menjadi bagian dari tim manajemen, menjadi
penasihat dalam mengatasi krisis
- Teknisi
komunikasi à hanya menyediakan layanan teknis komunikasi
Konsep Kemampuan PR
- Managerial
Skill à kemampuan konseptual paling dominan; berperan
sebagai expert prescriber
- Human
Relations Skill à Kemampuan Konseptual dan teknis hampir
seimbang; berperan sebagai problem solves facilitator atau communication
facilitator
- Technical
Skill à Kemampuan teknis dominan; berperan sebagai
communication technician
Kegiatan & Sasaran HUMAS
Fayol
- Membangun
Identitas dan Citra Istitusi
- Menghadapi
Krisis
- Mempromosikan
aspek kemasyarakatan
Beberapa pendekatan dalam kegiatan HUMAS
- §Manipulatif à PR berupaya untuk mengubah / mempengaruhi opini publik untuk tujuan institusi
- §Kuratif à pemulihan atau perbaikan terhadap citra negatif sehingga menjadi citra positif
- §Preventif à mencegah citra negatif yang dapat merugikan institusi
- §Promosional à mendorong atau memotivasi usaha komersial untuk kepentingan profit
- §Pendidikan à memberikan informasi atau menyebarluaskan program pendidikan dan iptek kepada publik
- §Misi à menanamkan kesadaran publik atas misi institusi
Kegiatan Humas
- Penelitian
- Perencanaan
- Pengorganisasian
- Administrasi
- Produksi
- Partisipasi
Komunitas
- Nasihat
Tidak ada komentar:
Posting Komentar